Kerjasama
Persyaratan Kerjasama
Syarat dan Tahapan Waralaba Indomaret
Jika Anda memutuskan untuk membeli hak waralaba Indomaret, langkah awal yang harus dipenuhi adalah :
- Warga Negara Indonesia
- Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
- Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
- Menyediakan dana investasi
- Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret
Keuntungan Waralaba
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha
1.Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
2.Bergabung bersama Brand yang dikenal masyarakat luas
Indomaret merupakan pionir ritel minimarket terbesar yang sudah memiliki jaringan distribusi terbesar di Indonesia.
3.Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi.
4.Tidak full time
Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
5.Peluang Berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
6.Minimalisasi Risiko
Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.
Indomaret akan membantu Anda dalam menyiapkan pengelolaan toko dalam hal :
1. Survey kelayakan tempat usaha
2. Perencanaan anggaran biaya
3. Studi kelayakan investasi
4. Tata ruang dan perencanaan toko
5. Renovasi ruang usaha
6. Pembelian peralatan toko
7. Seleksi dan pelatihan karyawan
8. Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
9. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
10. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
11. Program promosi penjualan
Tahapan kerja sama :
1. Presentasi pertama
Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.
2. Presentasi kedua
Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.
3. Pembukaan Toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.
- Memiliki minat di industri minimarket.
- Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan).
- Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan ± 150 m2 s.d. 250 m2.
- Memenuhi persyaratan perijinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, SIUP, TDP/ NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (berbeda-beda setiap daerah).
- Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.
Berdasarkan laman
resmi Alibaba.com dan wawancara dengan Adi Nugroho, Country Director
Alibaba.com di Indonesia, ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi
untuk mulai berjualan ke pasar internasional.
· Perusahaan sudah berbadan hukum
· Perusahaan memiliki kantor fisik/pabrik/gudang
· Perusahaan telah memiliki rekening dan dokumen NPWP
· Perusahaan dapat membuktikan operasionalnya secara
nyata
· Perusahaan menghasilkan produk sendiri, atau, jika
perusahaan berbentuk distributor, maka harus memiliki surat penunjukkan
dari brand atau original equipment manufacturer (OEM).
Persyaratan
tambahan untuk berjualan di Alibaba.com
Selain persyaratan administratif, ada pula beberapa
karakteristik ideal bagi perusahaan yang hendak mulai melakukan ekspor-impor
melalui platform Alibaba.com. Hal ini penting diperhatikan untuk mencegah
terjadinya kemacetan di tengah proses transaksi, menjaga reputasi perusahaan,
serta meningkatkan nilai penjualan. Berikut beberapa persyaratan tambahan dari
Adi Nugroho agar perusahaan dapat sukses menggaet lebih banyak pembeli:
· Perusahaan memiliki kapasitas produksi untuk jumlah
besar.
Transaksi ekspor-impor di platform Alibaba.com terjadi dalam jumlah yang sangat
besar. Jika perusahaan tidak memiliki kapasitas produk yang memadai, hal ini
akan membuat calon pembeli menjadi ragu untuk melakukan pemesanan.
· Perusahaan telah berpengalaman melakukan ekspor.
Proses ekspor ke luar negeri merupakan hal yang
rumit dan melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu, perusahaan yang ingin
berjualan di Alibaba.com idealnya telah berpengalaman melakukan ekspor ke
beberapa negara yang berbeda. Hal ini akan menjadi bekal berharga untuk
menangani persyaratan administratif, seperti pajak, pembayaran, negosiasi,
hingga rantai distribusi.
· Perusahaan memiliki karyawan yang paham soal ekspor
dan e-commerce.
Sebagai platform B2B global terbesar di dunia, Alibaba.com mempertemukan
jutaan supplier dan buyer setiap harinya.
Platform ini didominasi oleh perusahaan profesional yang serius meningkatkan
penjualan dengan menggaet pembeli dari negara lain. Oleh karena itu, untuk
dapat bersaing, setiap perusahaan perlu memiliki karyawan-karyawan terbaik yang
paham soal dunia ekspor-impor dan pengelolaan toko dalam e-commerce. Mereka
harus tahu cara bernegosiasi dengan calon pembeli hingga cara menggunakan market
insight untuk meningkatkan performa perusahaan di platform
Alibaba.com.
· Produk harus memiliki pangsa besar.
Perusahaan yang ingin berjualan di Alibaba.com
idealnya menawarkan produk yang memiliki pangsa pasar yang luas (universal).
Pasalnya, menurut Adi, produk-produk unik seperti karya seni ataupun kerajinan
buatan tangan memiliki target pembeli yang sangat spesifik.